Tahugaksih? Kenapa tangki bensin ada yang di kiri dan di kan

Post, 09 April 2024

View: 
33

Pada dasarnya letak tangki bensin di kanan maupun di kiri tidak ada peraturan khususnya. Tetapi letak tangki ini sepenuhnya diserahkan oleh produsen mobil. Karena sebenarnya, letak tangki ini nantinya akan berpengaruh pada titik keseimbangan dari mobil yang disesuaikan dengan bobotnya.

Selain mempertimbangkan bobot pada kendaraan, ada alasan lain mengenai letak dari tangki bensin yaitu mengenai keselamatan atau keamanan. Karena biasanya posisi tutup bensin berlawanan dengan posisi buangan gas atau knalpot, dengan tujuan untuk menghindari hawa panas. Letak dari knalpot pasti selalu berlawanan dengan posisi tangki bahan bakar. Seperti yang kalian ketahui juga bahwa bensin sangat sensitif dengan hawa panas dan sifatnya yang mudah terbakar. Sehingga dapat disimpulkan tangki bensin ada di kanan atau kiri bodi mobil untuk mencegah terjadinya kebakaran mobil.

Kalian bisa melihat biasa jika knalpot mobil berada disisi kiri bawah maka tutup bensin akan berada pada sisi kanan mobil, kemudian begitu juga sebaliknya. Kalau tangki mobil Honda sendiri biasa berada di sebelah kiri karena posisi knalpot (muffler) mobil Honda berada di sisi kanan.

 

Baca juga: Kaca Film Gelap Bikin AC lebih dingin? Benarkah?

 

Selain alasan keselamatan dan keseimbangan, ada alasan lain yaitu mengenai preferensi merek. Karena beberapa produsen mobil juga memiliki preferensi merek tertentu dalam menentukan sisi penempatan tutup tangki bahan bakar, sehingga bisa menjadi identitas merek dan didesain mereka.

Dan itulah alasan mengapa tangki bensin ada di sisi kanan maupun kiri mobil. Jika kalian ingin melakukan service, kalian  bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor