Kaca Film Gelap Bikin AC lebih dingin? Benarkah?

Post, 08 April 2024

View: 
42

Kaca film merupakan salah satu aksesoris mobil yang banyak diminati. Selain untuk meningkatkan estetika, kaca film juga diyakini dapat membantu membuat kabin mobil lebih sejuk dan dingin. Salah satu anggapan yang umum beredar adalah bahwa kaca film yang semakin gelap akan semakin efektif dalam mendinginkan kabin. Benarkah demikian?

Penjelasan:

Pada dasarnya, kaca film bekerja dengan cara memantulkan dan menyerap sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Sinar matahari yang mengandung panas dan infra merah inilah yang membuat kabin terasa panas. Kaca film yang baik akan mampu memantulkan dan menyerap panas infra merah dengan baik, sehingga mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin.

 

Baca juga: SERING NGECAS HP BIKIN AKI JADI SOAK? FAKTA?

 

Kadar kegelapan kaca film tidak secara langsung menentukan kemampuannya dalam mendinginkan kabin. Faktor yang lebih penting adalah tingkat penolakan panas infra merah (IRR) dan tingkat penolakan sinar ultraviolet (UV). Kaca film dengan tingkat IRR dan UV yang tinggi akan lebih efektif dalam mendinginkan kabin, meskipun tingkat kegelapannya tidak terlalu tinggi.

Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan kaca film dalam mendinginkan kabin:

  • Jenis kaca film: Ada berbagai jenis kaca film di pasaran, seperti kaca film dyed, sputtered, dan hybrid. Masing-masing jenis memiliki kemampuan yang berbeda dalam memantulkan dan menyerap panas.
  • Kualitas kaca film: Kaca film dengan kualitas yang baik akan lebih efektif dalam mendinginkan kabin.
  • Kondisi mobil: Faktor seperti warna cat mobil, kondisi AC, dan kondisi kaca mobil juga dapat mempengaruhi suhu di dalam kabin.

Kesimpulan:

Kaca film gelap memang dapat membantu mendinginkan kabin mobil, tetapi tingkat kegelapannya bukan satu-satunya faktor yang menentukan. Pilihlah kaca film dengan tingkat IRR dan UV yang tinggi untuk mendapatkan efek pendinginan yang optimal.

Tips:

  • Konsultasikan dengan ahli kaca film untuk mendapatkan rekomendasi kaca film yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan kaca film dipasang oleh teknisi yang berpengalaman.
  • Rawat kaca film dengan baik agar performanya tetap optimal.

 

@copyright PT Prospect Motor