SERING NGECAS HP BIKIN AKI JADI SOAK? FAKTA?

Post, 06 April 2024

View: 
36

Pembahasan mengenai ngecas HP di mobil, kali ini MinHo akan membahas mengenai mitos atau fakta kalo ngecas HP di mobil bisa menyebabkan aki jadi cepat soak.

Kebiasaan ngecas HP di mobil memang banyak dilakukan orang apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi, sebab mereka membutuhkan daya untuk mengisi ponsel kapanpun dan dimanapun termasuk saat sedang berpindah tempat.

Hal ini dilakukan supaya tetap bisa berkomunikasi atau mempermudah aktivitas masyarakat. Namun apakah ngecas HP di mobil dapat menyebabkan aki lebih cepat soak?

Kebiasaan ngecas HP di mobil

Pada dasarnya ngecas HP di mobil boleh saja dilakukan dan memang sudah disediakan oleh para produsen mobil, kalian tidak perlu mengkhawatirkan jika kalian ngecas dapat menyebabkan aki mobil jadi soak.

Apalagi mobil-mobil keluaran terbaru sudah didesain dengan kemampuan untuk memanajemen daya kelistrikan dengan baik, sehingga permasalahan aki soak akibat ngecas mobil bisa terhindarkan.

 

Baca juga: Honda Membuka Fasilitas Museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Suzuka, Jepang

 

Daya yang diperlukan untuk ngecas sebuah HP di mobil juga tidak membutuhkan daya yang besar, bahkan daya yang dibutuhkan nyaris tidak berdampak apa-apa pada mobil tersebut.

Penggunaan daya listrik di mobil, justru paling besar digunakan pada AC dan lampu mobil. Dapat juga dikatakan, dengan kalian sesering mungkin mengecas HP di mobil tidak akan menyebabkan aki jadi soak.

Jika kalian sering ngecas HP di mobil, sebaiknya menggunakan adaptor charger. Pastikan juga kalian menggunakan kabel yang berkualitas baik. Hal tersebut dilakukan supaya HP maupun aki mobil tetap aman.

Lantas kapan aki mobil perlu diganti, adapun beberapa pertanda yang dapat kalian perhatikan untuk mengecek kondisi aki mobil:

 

  • Usia dari aki mobil

Yang pertama kalian perlu diperhatikan adalah usia dari aki mobil. Sama seperti komponen lainnya yang ada di mobil, aki juga memiliki batas pemakaian yang sudah direkomendasikan oleh para produsen.

Umumnya, aki mobil memiliki waktu pemakaian sekitar 2 tahun, namun tidak semua, bisa saja berbeda-beda tergantung pemakaian serta perawatannya.

 

  • Mobil jadi sulit dinyalakana

Selanjutnya untuk mengetahui umur aki adalah saat mesin mobil sulit untuk dinyalakan, hal ini terjadi karena air aki sudah berada di bawah batas minimum sehingga akan mengganggu aliran daya listrik ke starter mobil.

 

  • Terjadi masalah di lampu dan klakson¬†

Jika kalian merasa lampu ataupun klakson sudah melemah maka bisa jadi kalian sudah harus mengganti aki yang lama dengan aki yang baru.

Dan itulah pembahasan serta mitos mengenai ngecas hp di mobil dapat menyebabkan aki jadi cepat soak. Jika kalian ingin melakukan perawatan supaya mobil lebih nyaman digunakan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor