Penyebab Kunci Mobil Tersangkut dan Cara Mengatasinya.

Post, 21 Mei 2024

View: 
36

Karena buru - buru hendak keluar mobil saat mau mencabut kunci, akhirnya kunci mobil malah tersangkut. Pernah ngalamin? Kalau dicabut paksa khawatir kunci akan patah di dalam dan hal ini akan memperburuk keadaan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kunci mobil tersangkut. Apa saja penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya?

  1. Transmisi Belum Netral 

Penyebab yang sering terjadi ketika kunci mobil tersangkut adalah posisi transmisi yang belum netral. Agar kunci bisa dicabut, posisi transmisi harus berada di posisi N (netral) atau P (parking).

  1. Kunci Mobil Bengkok

Kunci mobil yang sering dicabut secara paksa atau kasar, lama- kelamaan akan membuat kunci menjadi aus dan mudah bengkok. Hal ini akan membuat kunci jadi tersangkut dan susah dicabut.

  1. Silinder kontak bermasalah

Selain kunci yang bermasalah silinder kontak juga dapat rusak dan menjadi penyebab kunci tersangkut. Silinder kontak atau silinder kunci kontak merupakan tempat untuk memasukkan kunci mobil. Silinder kontak yang bermasalah mengakibatkan endapan debu yang masuk kedalam silinder kontak atau pegas yang tidak sejajar.

  1. Sistem kemudi terkunci

Kunci kontak yang tersangkut juga dapat disebabkan karena sistem kemudi yang terkunci, walaupun sebenarnya fitur penguncian kemudi ini sangat berguna untuk keamanan mobil.

 

Baca lainnya: Penting! Fitur Keselamatan Aktif dan Pasif Pada Mobil Honda!

 

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi kunci mobil yang tersangkut:

1. Pastikan Posisi Transmisi dan Rem Tangan

Pertama, pastikan transmisi mobil berada di posisi netral (N) atau parkir (P) dan rem tangan sudah ditarik. Hal ini untuk mencegah mobil bergerak saat Anda mencoba mengeluarkan kunci.

2. Tekan Kunci dan Putar Setir Perlahan

Coba tekan kunci perlahan sambil memutar setir ke kiri dan kanan secara perlahan. Terkadang, kunci yang tersangkut hanya karena terjepit oleh mekanisme kemudi. Dengan memutar setir, Anda bisa memberikan ruang agar kunci dapat berputar dan dikeluarkan.

3. Gunakan Pelumas

Jika kunci masih belum bisa diputar, coba gunakan pelumas seperti WD-40 atau silikon spray. Semprotkan pelumas ke dalam lubang kunci dan coba putar kembali kunci. Pelumas dapat membantu melicinkan mekanisme kunci yang mungkin berkarat atau kotor.

4. Gunakan Tongkat Kecil

Jika Anda memiliki tongkat kecil seperti obeng atau pulpen, coba masukkan ke dalam lubang kunci dan tekan pin pengunci dengan hati-hati. Hal ini dapat membantu melepaskan kunci yang tersangkut.

5. Hubungi Bengkel Terdekat

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas namun kunci masih belum bisa dikeluarkan, sebaiknya hubungi bengkel terdekat untuk mendapatkan bantuan profesional. Bengkel memiliki alat dan keahlian khusus untuk mengatasi kunci mobil yang tersangkut.

Tips Mencegah Kunci Mobil Tersangkut:

  • Hindari menggantung kunci mobil terlalu banyak pada gantungan kunci.
  • Jangan mencampur kunci mobil dengan kunci lain yang berukuran besar.
  • Bersihkan lubang kunci secara berkala dengan pelumas.
  • Gunakan kunci cadangan jika kunci utama sering tersangkut.

Kesimpulan:

Kunci mobil yang tersangkut memang bisa membuat panik, namun jangan panik dulu! Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Jika Anda sudah mencoba semua cara namun kunci masih belum bisa dikeluarkan, sebaiknya hubungi bengkel terdekat untuk mendapatkan bantuan profesional.

@copyright PT Prospect Motor