Cara Cek Odometer Asli atau Palsu

Post, 22 Mei 2024

View: 
50

Membeli mobil bekas memang menggiurkan karena harganya yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penipuan, salah satunya adalah odometer yang dipalsukan.
Bagi sebagian pembeli mobil, angka yang ada di odometer merupakan pertimbangan ketika membeli mobil. Terutama bagi kalian yang memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Odometer sendiri merupakan salah satu fitur yang ada pada mobil, memiliki fungsi untuk mengukur jarak tempuh selama mobil berjalan. Karena odometer yang tinggi menjadi pertimbangan pembeli ataupun bisa menurunkan harga, maka tidak banyak dari penjual melakukan berbagai cara untuk melakukan manipulasi angka.

Nah, MinHo punya beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya ga ketipu sama odometer yang palsu nih.

1. Cek kondisi fisik mobil

Bukan tidak ada hubungannya, namun kondisi fisik mobil juga bisa memberikan tanda dari keaslian odometer mobil kalian. Karena jika odometer rendah namun kondisi mobil seperti sudah dipakai pada waktu yang lama, maka bisa dikatakan bahwa odometer telah dimanipulasi

Kalian bisa mengecek komponen-komponen seperti pedal rem dan gas ataupun kopling.

 

Baca juga: Indikator Check Engine menyala? Cek Penyebab dan Solusinya!

 

2. Cek history perawatan kendaraan

Cara kedua untuk mengecek keaslian odometer bisa dilakukan dengan mencocokan riwayat perawatan mobil, seperti pergantian oli atau perawatan lainnya, biasa riwayat ini tertera pada kartu yang menggantung di tuas wiper dekat setir.

Kalian bisa melihat tanggal perawatan dengan jarak tempuh apakah konsisten dilakukan. Karena jika ada perbedaan maka kemungkinan odometer telah diotak-atik.

3. Mengecek kondisi ban

Cara berikutnya bisa kalian lakukan pengecekan pada bagian ban mobil, jika kondisinya sudah botak namun odometer menunjukan angka yang rendah maka patut dicurigai angka itu adalah angka yang asli.

4. Lakukan inspeksi dengan mekanik

Kalian bisa melakukan inspeksi mobil dengan membawa bantuan mekanik, karena bagaimana juga mekanik adalah orang bekerja secara profesional untuk memperbaiki mobil, sehingga mereka mengerti bagian mana saja yang perlu di cek dan mengetahui jika ada manipulasi data.

Bagi kalian yang masih bertanya-tanya, memangnya kenapa sih jika membeli mobil dengan odometer yang tinggi? Banyak hal yang bisa terjadi, seperti potensi kerusakan pada beberapa komponen sehingga memerlukan biaya yang lebih untuk memperbaikinya.

Kemudian jika kalian ingin melakukan penjualan kembali maka risiko nilai jual menjadi sangat rendah dan akan membuat kerugian untuk kalian.

Nah jika kalian ingin membeli mobil atau melakukan perawatan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian.

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor