Peraturan Memainkan Ponsel di Mobil, Cek Bahayanya!

Post, 25 Oktober 2023

View: 
119

Sekarang ini ponsel bukan hanya berfungsi untuk berkomunikasi jarak jauh saja, tetapi juga ponsel bisa membantu permasalahan sehari-hari, salah satunya ketika sedang berkendara banyak orang menggunakan ponsel untuk melihat arah maupun mendengarkan musik.

Namun, penggunaan ponsel selama berkendara harus melihat keadaan jalan tidak bisa setiap waktu memainkan ponsel. Apalagi ketika sedang mengemudi jauh, ataupun mengemudi dalam kecepatan yang tinggi. Karena pada dasarnya berkendara sambil memainkan ponsel bisa memecah konsentrasi dan dapat beresiko kecelakaan di jalan raya.

Aturan bermain ponsel selama berkendara ini diatur dalam Pasal 106 Ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal tersebut disebutkan  bahwa setiap orang yang sedang mengemudikan harus dengan keadaan wajar dan penuh konsentrasi.

Seperti yang sudah diatur dalam perundang-undangan, perlu di garis bawahi. Mengendarakan dengan penuh konsentrasi yang dimaksudkan adalah setiap pengendara tidak terganggu oleh ngantuk, lelah, sakit, sedang menelpon, sedang menonton ataupun melakukan aktivitas yang dapat mengganggu fokus selama berkendara.

Jika kalian melakukan beberapa hal diatas maka, adapun ancaman yang berlaku bagi pengendara yang memainkan ponsel selama berkendara disebutkan dalam Pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009. Kalau setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar maka akan dikenakan hukuman denda paling banyak 750.000 atau dengan kurungan pidana paling lama 3 bulan.

Resiko-resiko bahaya yang bisa muncul ketika sedang berkendara dengan mematikan ponsel adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan konsentrasi

Meskin beberapa mobil sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur handsfree atau bisa menggunakan speaker, sehingga pengemudi tidak perlu memegang ponsel, namun tetap saja ketika kalian mengobrol melalui ponsel perlu adanya interaksi. Hal itulah yang menyebabkan kalian harus memecah konsentrasi.

Selain itu, penerimaan informasi lewat telepon juga dapat berpengaruh terhadap respon, apalagi informasi yang mengejutkan atau kabar buruk.

  • Kemampuan pengendalian berkurang

Yang dimaksudkan kurangnya daya kendali adalah ketika kalian mengemudi sambil bermain handphone, karena tidak sepenuhnya kendali berfokus pada setir saja. Hal ini dapat memecah konsentrasi kalian selama berkendara.

  • Mengemudi sambil mendengarkan musik¬†

Memang mendengarkan musik sambil mengendarai kendaraan dapat terhindar dari bosan, namun bisa berbahaya juga untuk keselamatan kalian. Apalagi jika kalian sedang mengikuti lirik dan berfikir. Hal ini bisa memecah konsentrasi selama berkendara apalagi ketika mengalami hal mendadak seperti mengurangi kecepatan.

Itu dia bahaya bermain ponsel sambil mengemudi. Nah, Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor