Perhatikan, Begini Cara Mencuci Mobil yang Tepat!

Post, 15 November 2023

View: 
58

Mencuci mobil selain dapat menjaga penampilan eksterior maupun interior juga dapat berfungsi untuk menjaga kondisi kendaraan. Mobil yang sehat adalah mobil yang bersih dan terawat, karena jika kalian sering membiarkan mobil dalam keadaan kotor bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen.

Namun, banyak pemilik juga tidak menyadari betapa pentingnya membersihkan komponen-komponen mesin pada mobil, membersihkan komponen mesin juga membutuhkan keterampilan yang extra karena tidak bisa asal bersihkan dengan air dan sabun begitu saja. Karena dapat menyebabkan kerusakan atau korsleting.

Lakukan beberapa langkah ini supaya mencuci mobil tidak menyebabkan cat bodi jadi rusak!

  • Bilas permukaan terlebih dahulu

Pertama-tama kalian bisa membilas permukaan terlebih dahulu, tujuannya untuk membersihkan debu ataupun kotoran yang menempel di bodi.

  • Menggunakan sampo cuci khusus 

Menggunakan sampo pencuci khusus bodi mobil adalah salah satu cara supaya cat mobil jadi lebih awet, kalian bisa lakukan beberapa langkah untuk menggunakannya sesuai dengan panduan yang ada. Cuci mobil dari atas hingga ke bawah menggunakan spons dan sikat yang halus, ini bertujuan supaya kotoran bisa larut dari atas sampai ke bawah.

  • Cuci bodi kemudian keringkan

Setelah menggosok menggunakan sampo kalian bisa membilas kembali bodi menggunakan air bersih dan langkah terakhir jangan lupa untuk dikeringkan dengan menggunakan kain yang halus atau microfiber, hal ini berguna untuk menghindari noda air yang menempel.

Setelah membersihkan bagian exterior mobil, hal yang sedikit rumit adalah membersihkan bagian komponen mesin mobil. Mungkin akan sedikit rumit, sehingga kalian perlu memperhatikan beberapa langkah ini:

  1. Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah dengan mematikan mesin mobil sebelum mulai membersihkan bagian mesin.
  2. Lindungi komponen-komponen elektrikal untuk menghindari korsleting, seperti 

alternator, busi dan berbagai kabel dengan menggunakan penutup khusus untuk melindungi mesin.

  1. Bersihkan komponen menggunakan penyikat khusus untuk detailing, biasa bulu sikat ini bertekstur halus untuk membersihkan debu yang menempel di mesin.
  2. Jika ingin membersihkan debu ataupun kotoran yang menempel, kalian bisa gunakan pembersih khusus untuk mesin supaya lebih aman untuk permukaan mesin, kalian dapatkan pembersih ini dengan berkunjung langsung ke bengkel resmi Honda terdekat di kota kalian ya!
  3. Setelah mengaplikasikan cairan pembersih, kalian bisa gosok perlahan hingga bersih, kemudian bilas dengan air bersih.
  4. Langkah terakhir bisa kalian keringkan dengan kain microfiber

Nah, sekarang kalian bisa mencuci bagian mesin mobil, supaya mesin lebih terawat dan dapat terhindar dari kerusakan deh. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

@copyright PT Prospect Motor