Polusi Mengancam, Begini Cara Merawat Filter AC Mobil

Post, 21 September 2023

View: 
101

Dampak dari polusi udara ternyata bukan hanya mengancam kesehatan dari populasi manusia yang ada, tetapi juga berefek pada berbagai komponen mobil seperti AC.

Mungkin bagi masyarakat di kota-kota besar, polusi menjadi masalah yang cukup serius, hal ini bisa dihasilkan dari kendaraan bermotor ataupun dihasilkan oleh produksi pabrik yang secara terus menerus.

Untuk kalian pemilik mobil bisa meminimalisir polusi yang masuk kedalam mobil dengan menjaga ataupun memperbaiki sistem AC, karena sistem AC di mobil sangat berperan penting untuk sirkulasi udara di dalam kabin. Jika kalian jarang membersihkan AC, alhasil filter udara akan kotor dan dapat membuat AC bekerja dengan keras sehingga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Honda sendiri menawarkan filter AC dengan varian charcoal, dimana filter AC tersebut bukan hanya dapat menyaring udara yang akan masuk ke kabin, tetapi juga menyaring bau dan anti bakteri. Sehingga jika kalian menggunakan filter AC tersebut udara di dalam kabin akan terasa lebih segar. Harga yang ditawarkan juga tidak jauh beda dengan filter AC biasa.

Nah, MinHo punya beberapa tips untuk kalian yang ingin menjaga ataupun melakukan perawatan terhadap AC mobil kesayangan.

  1. Perhatikan Penggunaan AC, catat ya sobat Honda. Untuk kalian yang sering beraktivitas atau berada di lingkungan berdebu atau memiliki tingkat polusi tinggi maka perlu sesering mungkin untuk mengecek dan membersihkan AC mobil. 
  2. Cek Bagian Filter AC, kalian juga bisa melakukan pengecekan filter AC sendiri, filter AC cenderung mudah di lihat kondisinya, jika terasa filter sudah kotor maka bisa kalian bersihkan atau ganti.
  3. Segera lakukan pengecekan saat muncul bau, jika AC mobil sudah menimbulkan bau yang tidak enak maka artinya sistem kerja AC ataupun filter sudah menurun. Ini juga salah satu tanda filter AC perlu diganti atau bersihkan. Selain itu jika kalian merasa AC sudah tidak dingin maka kalian bisa mengecek bagian freon ya Sobat Honda.
  4. Jangka waktu penggunaan, Beberapa dealer maupun produsen mobil menyarankan untuk pemilik mobil mengganti filter AC setiap 15 atau 30 ribu KM setahun, selain melihat dari kilometer, pengguna disarankan untuk melakukan perawatan sesuai dengan musim di daerahnya masing-masing.

Dan itulah tips menjaga kualitas AC mobil kalian. Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!.

@copyright PT Prospect Motor