PT Honda Prospect Motor mencatatkan pemesanan sebesar 1.861 unit di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung dari 18-28 Juli 2024. Angka tersebut hampir menyamai jumlah pemesanan Honda di GIIAS tahun lalu, meskipun secara umum pasar otomotif sedang mengalami penurunan penjualan di tahun ini. Kombinasi Honda Brio Satya dan Honda Brio RS mencatatkan penjualan tertinggi Honda dengan 800 unit atau 43% dari keseluruhan penjualan Honda di GIIAS 2024. Selanjutnya model-model SUV Honda menyumbangkan penjualan terbesar, yaitu Honda HR-V dengan 386 unit, Honda WR-V dengan penjualan 344 unit, Honda BR-V sebesar 164 unit, dan Honda CR-V sebanyak 109 unit. Seluruh angka penjualan ini merupakan pemesanan yang dilakukan di booth Honda selama ajang GIIAS 2024 berlangsung dan telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee. Yusak Billy, selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Angka pemesanan di GIIAS tahun ini yang hampir setara dengan hasil di tahun lalu menunjukkan perbaikan terhadap permintaan konsumen, meskipun pasar otomotif secara umum sedang mengalami penurunan dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini juga mulai berdampak positif terhadap penjualan Honda khususnya di wilayah Jakarta, di mana pada bulan Juli ini kami mencatat peningkatan pemesanan sekitar 20% dibanding bulan sebelumnya. Kami optimis realisasi dari pemesanan di GIIAS tahun ini akan kembali terlihat dalam angka retail kami di awal semester kedua ini.” Baca juga: HONDA E:N1, MOBIL LISTRIK PERTAMA HONDA UNTUK INDONESIA RAIH PENGHARGAAN MOBIL FAVORIT DI GIIAS 2024 Secara nasional, pasar otomotif di Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2024 mencatat retail sebesar 431.987 unit, atau turun sekitar 14% dibanding periode yang sama tahun lalu. Honda sendiri mencatat penjualan retail sebanyak 51.681 unit di tahun 2024 ini, dengan Honda Brio dan model-model SUV Honda menjadi tulang punggung penjualan. Penyelenggaraan GIIAS 2024 berdampak terhadap meningkatnya minat konsumen terhadap produk-produk otomotif. Berdasarkan perhitungan internal Honda, terdapat peningkatan jumlah pengunjung ke booth Honda sebesar 13% jika dibandingkan GIIAS tahun sebelumnya. Tak hanya sukses dari sisi pengunjung, Honda juga meraih penghargaan di kategori Favorite Special Exhibit Car pilihan pengunjung GIIAS 2024 untuk Honda e:N1. Pada ajang ini, Honda e:N1 diperkenalkan Honda sebagai mobil listrik pertama yang akan dipasarkan di Indonesia pada tahun 2025.

Post, 11 September 2024

View: 
45

Honda Saloon dan Honda Space Hub berhasil meraih penghargaan dari Red Dot Design Award 2024 pada tanggal 31 Juli 2024. Honda Saloon berhasil meraih penghargaan Best of the Best Award. Honda Space Hub berhasil meraih penghargaan Red Dot Award.

Honda Saloon dan Honda Space Hub merupakan model konsep terbaru Honda yang termasuk ke dalam Honda 0 Series. Kedua produk tersebut diperkenalkan pertama kali di dunia pada ajang Consumer Electrics Show (CES) 2024 bulan Januari lalu di Amerika Serikat. Kedua model ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2026 secara global dimulai dari kawasan Amerika Utara.

Berdasarkan konsep desain Honda 0 Series, “The Art of Resonance,” desain eksteriornya menampilkan proporsi yang berani dan murni, membangkitkan perspektif baru pada pandangan pertama. Kedua model konsep terbaru dari Honda ini menampilkan Human Machine Interface (HMI) yang sederhana dan intuitif, dan pada saat yang sama, konsep Man Maximum / Machine Minimum yang disesuaikan dengan era EV untuk mewujudkan pengalaman yang luar biasa. Ruang kabin dibuat besar untuk menghadirkan kebebasan yang tinggi serta kenyamanan penumpang yang luar biasa.

Honda Saloon menjadi model konsep andalan dari Honda 0 Series, yang mewujudkan pendekatan baru terhadap pengembangan kendaraan listrik Honda yaitu “Thin, Light and Wise” yang diupayakan Honda untuk menciptakan nilai baru bagi kendaraan listrik. Tampilan mobil ini sporty sehingga membedakannya dengan model kendaraan listrik pada umumnya. Kemudian interiornya menawarkan ruang kabin yang luas, futuristik serta istimewa sehingga memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Honda Space-Hub memiliki kabin yang luas dan visibilitas yang sangat baik berdasarkan pendekatan pengembangan Honda 0 Series. Ruang kabinnya yang fleksibel sehingga dapat mengakomodasi aktivitas penggunanya dan menjadi tempat untuk menghubungkan antar individu serta masyarakat.

baca juga: HONDA E:N1, MOBIL LISTRIK PERTAMA HONDA UNTUK INDONESIA RAIH PENGHARGAAN MOBIL FAVORIT DI GIIAS 2024

Toshinobu Minami selaku Managing Director, Chief Design Officer, Design Center, Honda R&D Co., Ltd. mengatakan, “Kami bangga mendapat penghargaan dari Red Dot yang merupakan ajang penghargaan kelas dunia dalam kategori konsep desain. Penghargaan yang kami terima bukan sekedar “Best of the Best,” namun model ini mewakili transformasi besar Honda, dengan tema untuk mencapai “resonansi dengan lingkungan, masyarakat dan pelanggan”. Kami yakin penghargaan ini merupakan hasil penilaian tinggi baik terhadap desain maupun nilai baru yang ditawarkan Honda. Honda akan terus menciptakan dan menawarkan produk mobilitas yang menghadirkan kejutan dan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.”

Produk Honda secara konsisten telah berhasil meraih penghargaan dari Red Dot Design Award sejak tahun 2020. Untuk produk mobil Honda bahkan telah meraih penghargaan dari Red Dot sejak tahun 2001 untuk Honda S2000*, tahun 2006 untuk Honda Civic*, tahun 2020 untuk Honda e*, tahun 2022 untuk Honda HR-V** dan tahun 2023 untuk Honda Civic Type R** dan Honda Civic e:HEV**.

Penghargaan Red Dot dimulai pada tahun 1955 dan telah menjadi salah satu penghargaan desain bergengsi tahunan di dunia. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Design Zentrum Nordrhein Westfalen di Essen, Jerman. Ajang ini memberikan penghargaan untuk desain produk dan inovasi terbaik yang terbagi menjadi total 51 kategori. Setiap kategori tersebut dinilai berdasarkan sembilan kriteria, di antaranya tingkat inovasi, fungsionalitas, daya tahan dan ergonomi.

@copyright PT Prospect Motor