Solusi Blind Spot Mobil, Gunakan Fitur Ini!

Post, 06 Januari 2023

View: 
168

Karena saat di jalan bukan hanya kita saja yang menggunakan jalan, namun juga ada pengendara lainnya. Dalam keadaan tertentu kita juga pasti akan menemui area yang tidak terlihat atau sering disebut juga juga Blind spot. Biasanya semakin besar kendaraan yang digunakan maka blind spotnya juga semakin besar atau luas. Namun setiap mobil juga memiliki titik blind spot yang berbeda-beda karena banyak faktor, seperti bodi atau desain mobil, jangkauan spion dari setiap mobil yang terbatas dan juga muatan mobil yang dibawa.

Beberapa orang berpendapat bahwa blind spot tidak bisa dihindari atau dihilangkan namun bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya. Adapun beberapa area blind spot yang ada pada mobil seperti; bagian belakang sisi kiri mobil, badan kiri mobil/bagian kiri mobil, bagian belakang mobil persis, sepeda motor yang muncul saat kondisi macet.

Setelah mengetahui beberapa titik blind spot di atas, lakukan beberapa hal ini supaya tetap waspada dengan posisi blind spot pada kendaraanmu:

  • Mengecek Kaca Spion Mobil

Kaca spion adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam berkendara, karena bisa untuk melihat kendaraan yang ada di bagian belakang mobil. Selain itu spion juga bisa untuk mengurang blind spot saat berkendara. Sebaiknya kalian mengatur posisi spion sebelum berkendara supaya kalian menguasai jarak pandang yang jauh.

  • Menggunakan Lampu Sein

Cara selanjutnya untuk mengurangi blind spot adalah dengan menggunakan lampu sein saat ingin menyebrang dan juga melakukan perpindahan jalur, supaya kendaraan yang berada di belakang tidak kaget dan segera berjaga jarak. Kalian juga bisa menggunakan klakson sebagai tanda ingin menyalip atau meminta jalan.

  • Jangan Menyalip Melalui Sisi Kiri

Saat kalian ingin menyalip kendaraan yang berada di depan, perlu diperhatikan bahwa situasinya benar-benar aman. Jangan pernah menyalip melalui sisi kiri, karena di Indonesia pengemudi menggunakan setir kanan, maka sulit bagi pengemudi untuk melihat jika ingin menyalip dari sisi kiri, selain itu kalian juga perlu memperhatikan kendaraan yang berada di belakang.

  • Maksimalkan dengan Fitur Honda Sensing

Sensor yang dipakai pada mobil Honda sendiri adalah Honda sensing, salah satunya adalah fitur LaneWatch, dimana kamu dapat melihat kondisi jalan dengan jelas melalui kamera yang berada di sisi spion kiri. Kondisi jalan di sisi kiri kendaraan akan ditampilkan dalam layar head unit, sehingga kamu dapat bermanuver dengan lebih aman dan percaya diri.

Cara ini dinilai dapat mengurangi titik buta pada saat kalian sedang mengemudi karena kalian bisa melihat beberapa bagian sisi di jalan yang tidak terlihat melalui Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang ada pada mobil All New Honda BR-V.

@copyright PT Prospect Motor