Tips Pede Menghadapi Tanjakan, Jangan Lupa Lakukan Ini!

Post, 28 Januari 2024

View: 
100

Keamanan wajib jadi prioritas utama dalam hal berkendara. Bukan hanya untuk keselamatan diri, tetapi juga untuk keselamatan orang lain baik sesama pengendara mobil, atau bahkan pejalan kaki. Untuk itu, kemampuan mengemudi dengan baik menjadi syarat utama seseorang siap berkendara mobil di jalan raya. Jelas sekali bahwa jalan raya selalu memiliki beragam tantangan mulai dari interaksi dan jarak aman antara pengendara, lubang jalanan rusak dan polisi tidur, hingga permukaan aspal yang tak melulu mulus.

Menghadapi rintangan pada permukaan jalan, seorang pengemudi mobil wajib memiliki kelihaian tersendiri. Jam terbang sangat memengaruhi penguasaan teknik berkemudi. Semakin tinggi intensitas berkendara di jalan raya, Anda akan semakin mengenal medan jalan raya serta bagaimana cara melaluinya. Nah, kelihaian berkemudi ini bisa mendukung tingkat keamanan dan keselamatan selama kita berkendara loh, Sobat Honda!

Salah satu tantangan yang paling sering ditemui di jalan raya adalah tanjakan. Bagi Sobat Honda yang sudah memiliki jam terbang tinggi, mungkin tanjakan bukan lagi kendala. Namun penting untuk diingat bahwa mengemudi di tanjakan tetap membutuhkan kehati-hatian demi memaksimalkan keamanan dan keselamatan, ya Sobat!

Pasalnya dalam kondisi tertentu, Anda mungkin memiliki tujuan perjalanan yang mengharuskan Anda berhadapan dengan banyak tanjakan landau dan curam. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Sobat Honda terapkan agar perjalanan Anda selalu aman dan nyaman:

  1. Pastikan kopling dan rem dalam keadaan prima

Idealnya, memastikan komponen mobil bekerja dengan baik adalah langkah bijak sebelum Anda melakukan perjalanan, terlebih untuk perjalanan jauh ke luar kota. Jangan sampai, kendala komponen rusak hingga mobil mogok jadi hambatan perjalananmu. Nah, untuk Sobat Honda yang akan berkemudi ke wilayah yang memiliki banyak tanjakan, pastikan rem mobil Anda dalam keadaan prima. Khusus mobil manual, perhatikan juga kondisi kopling ya, Sobat Honda! Dua komponen inilah kunci keberhasilan perjalanan seru Anda.

 

Baca juga: Ternyata ini Manfaat dan Fungsi Fog Lamp, Jangan Remehkan!

 

 

  1. Pastikan beban mobil tidak melewati batas kapabilitas mesin

Nah, hal ini juga sering jadi masalah tersendiri. Karena ingin punya perjalanan super nyaman, segala yang ada di rumah dibawa masuk ke dalam mobil. Tentu saja Anda boleh punya perjalanan seru, berkesan sekaligus nyaman. Namun demi keselamatan, pastikan beban bawaan mobil tidak melewati batas kemampuan mesin ya, Sobat Honda! Pastikan bawaan di dalam mobil tidak overload. Tenang saja, selama Anda teliti soal barang apa yang kira-kira akan diperlukan di sepanjang perjalanan, daya tampung mobil tak akan jadi hambatan, kok!

  1. Jaga jarak aman dengan mobil lain

Urusan satu ini mungkin sudah lebih umum. Tak harus di medan tanjakan, di jalan raya yang landai pun Anda wajib patuh soal jarak aman. Jarak aman ini punya peran penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Dengan adanya jarak aman, mobil Anda akan punya waktu untuk melambat ketika pedal rem diinjak. Atau dalam kondisi jalan menanjak, dengan adanya jarak aman, mobil Anda tidak berdempet dengan kendaraan lain di depan sehingga risiko bertabrakan pun bisa diminimalkan.

  1. Stand by kendalikan rem

Khusus kondisi macet di jalan menanjak, pastikan kaki dan tangan Anda selalu stand by untuk mengontrol rem. Dalam kondisi macet, gunakan rem tangan untuk berjaga-jaga agar kaki Anda tidak terlalu lelah. Apa lagi jika Anda berkemudi untuk perjalanan panjang, kaki Anda akan membutuhkan stamina yang cukup. Maka dari itu, pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang benar-benar prima. Jangan sampai, kondisi badan tidak fit malah jadi penghambat perjalanan Anda yang seru dan berkesan.

Selalu jadikan keamanan jadi yang utama ya, Sobat Honda! Seperti motto kami ‘Safety for Everyone’, Honda pun selalu siap untuk menjaga perjalanan Anda. Salah satu jagoan kami, All New Honda BR-V dilengkapi Hill Start Assist (HSA) yang bikin Anda makin nyaman dan aman berkendara di jalanan menanjak.

Hill Start Assist (HSA) adalah fitur penahan pada mobil bertransmisi otomatis yang mampu bekerja di landasan menanjak. Sensor HSA mampu mendeteksi arah putaran roda baik dalam keadaan melaju cepat, atau sangat lambat dan hampir diam. Jika ada tendensi mobil bergerak mundur di tanjakan, mobil akan otomatis mengerem. Jika pengemudi kembali menginjak gas, maka rem akan otomatis terlepas. Bagaimana, Sobat Honda? Sangat memudahkan pengemudi, bukan? Terlebih untuk Anda yang baru belajar mengemudi, kini tak perlu lagi takut lihat tanjakan.

@copyright PT Prospect Motor