Bahaya! Inilah Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Spooring dan Balancing

Post, 29 Januari 2024

View: 
94

Selain keahlian mengemudi, Sobat Honda tahu nggak sih kalau keamanan berkendara juga ditentukan oleh kualitas performa dan kesehatan mobil? Terutama kaki-kaki mobil seperti ban, suspensi, pelek, shock absorbertie rod end, dan long tie rod. Pasalnya, komponen inilah penghubung utama kendaraan dengan aspal jalanan, sehingga wajib diperhatikan dengan baik performanya sebagai penunjang keamanan Anda selama berkendara.

Idealnya, kaki mobil diperiksa dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Sedikit saja kerusakan pada kaki-kaki mobil ini, pengendara akan langsung bisa merasakan ketidaknyamanan saat berkendara. Salah satunya, adalah ketidakseimbangan kaki mobil yang menyebabkan mobil bergetar atau menjadi condong ke salah satu sisi saja. Nah, permasalahan ini bisa diatasi dengan Spooring dan Balancing, loh, Sobat Honda!

Spooring berguna untuk meluruskan kembali sudut geometri kaki mobil agar sesuai dengan pengaturan yang dianjurkan produsen mobil. Sedangkan, Balancing berguna untuk menstabilkan kembali putaran ban mobil dengan cara menambahkan besi temple pemberat pada pelek. Dengan kedua proses ini, umur ban akan lebih panjang, feedback setir terjaga, penggunaan bahan bakar lebih hemat, dan kaki-kaki mobil pun jadi lebih awet.

Nah, apasih tanda-tanda bahwa mobil Sobat Honda sudah memerlukan Spooring dan Balancing?

  1. Setir tidak lurus

Masalah pada kaki mobil bisa menyebabkan setir tidak sabil serta condong ke kiri atau kanan lho Sobat. Tidak hanya itu, jika sudah parah, setir juga bisa berbelok sendiri saat mobil sedang melaju di atas kecepatan 60km/jam pada kondisi jalanan yang lurus. Spooring dan Balancing akan mengembalikan posisi roda dan menjaga kualitas feedback setir. Dengan kemampuan feedback yang baik, setir bisa segera kembali lurus setelah dibelokkan, dan Sobat Honda pun bisa nyaman berkendara.

 

Baca juga: Ternyata ini Manfaat dan Fungsi Fog Lamp, Jangan Remehkan!

 

  1. Setir bergetar

Masih soal setir nih Sobat Honda, gangguan pada kaki mobil bisa menyebabkan setir bergetar sendiri. Kondisi itu terjadi ketika mobil sedang melaju di kecepatan tertentu, biasanya di atas 60km/jam. Jika Anda mengalami kondisi setir bergetar, segera periksakan kaki-kaki mobil Anda dan lakukan Spooring dan Balancing jika diperlukan. Ingat! Selalu pastikan keamanan berkendara Anda. Salah satunya dengan cara menjaga kualitas kaki mobil.

  1. Ban terlihat miring

Jika salah satu ban depan terlihat miring ketika mobil sedang parkir atau ban belakang terlihat tidak sejajar dengan ban depan, bisa jadi itu pertanda bahwa mobil kesayangan Sobat Honda membutuhkan Spooring. Biasanya, kondisi ini muncul apabila mobil sering digunakan melalui jalanan yang rusak, atau sering menghantam lubang dalam kondisi kecepatan tinggi. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa ban mobil secara berkala dan hindari lubang di jalanan. Tidak hanya untuk mengupayakan keawetan fisik ban, tetapi hal ini juga untuk berfungsi mengoptimalkan performa mobil dan keamanan Sobat Honda dalam berkendara.

  1. Ban mulai aus di salah satu sisi

Jika ban mobil Sobat Honda mulai aus di salah satu sisi, itu tandanya Sobat Honda perlu melakukan perawatan Spooring. Kondisi ban yang aus di salah satu sisi bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada kelurusan ban mobil sehingga salah satu bagian bergesekan lebih banyak dengan jalan. Hal ini bisa berbahaya bagi keselamatan Anda, jadi, jangan lupa untuk rajin memeriksa kondisi fisik ban mobil ya Sobat Honda! Karena komponen kaki-kaki mobil bukan urusan sepele lho.

Nah, jika sudah tahu tanda-tandanya ban mobil Anda membutuhkan spooring dan balancing, segera cek kondisi kaki-kaki mobil dan lakukan perawatan jika dibutuhkan. Ada baiknya jika Spooring dan Balancing dilakukan secara berkala tiap 20.000 kilometer. Tetapi untuk mobil yang sering digunakan pada jalanan rusak, sebaiknya Spooring dan Balancing dilakukan tiap 10.000 kilometer. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan di bengkel resmi Honda ya, Sobat!

@copyright PT Prospect Motor