Penting, Ini dia Ciri-Ciri Master Rem yang Sudah Rusak!

Post, 13 Oktober 2023

View: 
1107

Seperti yang sering dibahas pada artikel sebelumnya, komponen pengereman sangat memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan selama kalian berkendara. Karena peranannya yang sangat penting, kini para produsen mobil menciptakan kendaraan yang sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat keselamatan, salah satunya adalah master rem. Karena posisinya yang penting, sehingga kalian perlu mengetahui ciri-ciri kerusakannya:

  1. Rem mobil jadi tidak pakem lagi 

Penyebab umum yang biasa ditemukan, mengapa rem tidak pakem adalah karena seal master sudah mulai aus, namun masih bisa digunakan karena tidak sepenuhnya rusak. Kalian bisa mengenai tanda-tanda kerusakan jika terjadi rembesan minyak rem pada bagian belakang dekat dengan booster rem. MinHo sarankan jika kalian menemukan minyak rem yang rembes, maka segera membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi untuk diperbaiki/diganti.

  1. Terjadi perubahan bentuk pada seal master rem

Ketika minyak rem tidak mengalir dengan normal, maka hal ini yang menyebabkan rem master bisa menjadi rusak. Kerusakan ini karena sela master rem yang tidak lagi mengembang. Seal master yang aus bisa terlihat garis karena akan membentuk garis akibat gesekan yang terus menerus. 

  1. Dinding rem berkarat

Peranan dari dinding master rem adalah untuk menjaga sistem pengereman bekerja dengan aman. Selain itu, dinding rem ini berfungsi untuk melindungi rem dari kotoran yang akan masuk kedalam rem. Nah, apabila dinding rem sudah berkarat masa bisa membuka celah yang bisa menyebabkan debu ataupun kotoran masuk ke rem, sehingga menyebabkan sistem pengereman jadi terhambat. Jadi MinHo sarankan untuk kalian selalu melakukan perawatan terhadap komponen pengereman kalian ya!

Jika kalian membutuhkan bantuan bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

 

@copyright PT Prospect Motor